PPOB atau Payment Point Online Bank adalah istilah yang sering digunakan oleh penyedia jasa pembayaran secara online terhubung dengan internet yang menggunakan jasa bank atau jasa non bank yang resmi.
Sekarang ini layanan PPOB dapat
dengan mudah ditemukan di setiap daerah, seperti koperasi atau
loket-loket khusus. Bisnis loket PPOB memberi kemudahan kepada para
pelanggan (customer) untuk membayar tagihan, biaya langganan, atau
kewajiban-kewajiban lainnya tanpa harus jauh-jauh pergi ke perusahaan
terkait, seperti Pulsa, Token, PLN pasca bayar, Jastel, TV Kabel, dll.
Meskipun telah sangat mengefisienkan proses pembayaran, trend bisnis loket PPOB semakin
lama akan semakin tergantikan oleh sistem POP (Personal Online Payment)
dimana pelanggan tidak perlu lagi keluar rumah untuk membayarkan
kewajibannya. Pembayaran dapat diselesaikan hanya melalui handphone
miliknya menggunakan Internet Banking atau SMS Banking sebagai fasilitas
tambahan dari Bank bagi mereka yang memiliki rekening tertentu.
PayTren adalah alternatif lain dari sistem POP yang ada sekarang, namun tidak dapat digunakan secara bebas. Pengguna PayTren haruslah menjadi bagian dari Komunitas Treni dimana benefit yang diperoleh bukan saja kenyamanan layaknya POP namun pengguna dapat memperoleh CashBack PayTren dari setiap pembayaran yang dilakukan.
PayTren
PayTren adalah teknologi yang dikembangkan oleh PT Veritra Sentosa Internasional dimana setiap mitra yang telah terdaftar di komunitas treni dapat
melakukan pembayaran semua kebutuhan pribadi serta mendapatkan berbagai
benefit (berupa cashback) yang tidak diperoleh dari sistem POP maupun
PPOB yang ada. Saat ini sistem pembayaran yang sudah terlayani adalah
Pulsa Telepon, Token PLN, dan uji coba PLN pasca bayar (belum lancar).
Fitur pembayaran lainnya segera ditambahkan secara bertahap seiring
dengan pertumbuhan dan pengembangan kemitraan treni (komunitas treni).
siippp
ReplyDelete